Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Tubuh

  • 4 min read
  • Nov 30, 2021

Jangan bilang kamu orang Indonesia jika tidak mengenal bawang merah (Allium cepa L). Tentu sebagai orang Asia Tenggara kamu sudah mengenal baik salah satu bumbu penyedap ini.
Kandungan bawang merah ini biasanya dimanfaatkan sebagai rempah pada masakan yaitu bagian umbinya dijadikan sebagai bawang goreng. Sementara daun bawang merah untuk penyedap masakan.
Kandungan vitamin dan nutrisinya hanya dapat bermanfaat jika dikonsumsi saat mentah saja. Apabila sudah dimasak maka vitamin dan nutrisinya akan berkurang bahkan hilang. 
Dikutip dari beberapa sumber, kira-kira apa saja ya manfaat mengonsumsi bawang merah bagi kesehatan tubuh?
Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan Tubuh
1. Mendukung Kesehatan Saraf dan Otot
Kandungan kalium pada bawang merah berfungsi sangat vital bagi tubuh manusia. Bawang merah memiliki kandungan kalium yang berkhasiat mendukung saraf dan otot agar bekerja normal.
Bila kandungan kalium pada tubuh rendah, kemungkinan Grameds akan mengalami masalah pada saraf dan otot. Padahal saraf dan otot yang sehat dapat mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.
Otot lemah dan tubuh lemas menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi. Mengonsumsi bawang merah yang kaya akan kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan otot.
2. Berpotensi Meningkatkan Sistem Imun
Mengonsumsi tanaman bawang merah yang kaya akan vitamin C terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. 
Vitamin C sendiri dapat membentuk antioksidan, membunuh mikroba yang menyerang tubuh, dan merangsang sel darah putih menuju lokasi infeksi. 
Bawang merah memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun dan meminimalisasi kerusakan oleh patogen atau bibit penyakit.
3. Menjaga Kesehatan Rambut
Kandungan sulfur pada tanaman bawang merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan tersebut akan membantu kamu memproduksi jaringan kolagen pendukung pertumbuhan rambut.
Selain itu, bawang merah juga dapat membantu menyembuhkan kebotakan, mengobati kerontokan rambut, dan mengobati infeksi kulit kepala. 
Grameds hanya perlu membuat jus bawang merah, lalu mengoleskannya ke kulit kepala, dan diamkan sekitar 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan sampo.
Untuk mengatasi ketombe, Grameds cukup mencampurkan jus bawang merah, jus lemon, madu, dan buttermilk. 
Selanjutnya, oleskan semua bahan tersebut ke rambut, biarkan selama 30 menit, dan bilas hingga bersih menggunakan sampo anti ketombe.
4. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Bawang merah ternyata tak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tanaman bawang merah juga dipercaya ampuh untuk menjaga kecantikan, lho Grameds. 
Tanaman yang tumbuh di daerah beriklim kering ini mampu menjaga kulit agar terlihat lebih muda.
Grameds bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan mencuci muka di pagi hari menggunakan air rendaman bawang merah yang sudah dikupas. 
Disarankan untuk merendam bawang merah dengan air panas untuk memberikan efek yang menguntungkan.
Selain itu, kandungan nutrisi pada bawang merah dapat membantu menyembuhkan sengatan serangga. 
Bagaimana caranya? Grameds hanya perlu membuat jus bawang merah dan menggosoknya ke daerah yang terkena sengatan untuk membantu menenangkan rasa sakit.
5. Mencegah Infeksi Penyakit
Sebagai salah satu komoditi holtikultura, bawang merah memiliki kandungan protein yang dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 
Tanaman bawang merah memiliki efek antioksidan yang baik untuk melawan penyakit dan infeksi umum.
Bawang merah terbukti ampuh untuk melawan penyakit, seperti flu, sakit kepala, demam, dan bronkitis. Sifat antivirus dan antibakteri pada bawang merah dapat mengobati infeksi batuk berdahak dan sakit tenggorokan.
Bawang merah berkhasiat untuk menurunkan demam pada bayi. Grameds hanya perlu mencampurkan parutan bawang merah dengan minyak kelapa dan balurkan secara merata ke punggung dan perut.
Mengoleskannya ke tubuh secara merata dapat membantu menghangatkan badan. Meski bermanfaat untuk mencegah infeksi penyakit, Grameds tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter apabila gejala yang muncul tak kunjung reda.
6. Mengurangi Risiko Kanker
Kanker masih menjadi penyakit mengkhawatirkan yang menyumbangkan angka kematian terbesar di duni. 
Tahukah kamu bahwa pola hidup yang sehat mampu mengurangi risiko kanker? Meningkatkan konsumsi makanan kaya akan antioksidan dapat menjadi tindakan pencegahan untuk kanker.
Mengonsumsi bawang merah secara rutin dapat membantu menjaga pola hidup sehat untuk mengurangi risiko kanker. 
Penasaran mengapa hal itu bisa terjadi? Kandungan allium pada tanaman bawang merah dikenal mampu mengurangi risiko kanker dan menyebabkan kematian sel kanker.
Selain itu, bawang merah memiliki ekstrak etil asetat yang mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker. 
Sifat antikanker dan antiinflamasi pada bawang merah berfungsi dengan baik dalam bidang pengobatan kanker.
Meskipun bawang merah berkhasiat untuk mengurangi risiko kanker, Grameds tetap disarankan melakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi dini terjadinya kanker. 
Pemeriksaan rutin lebih disarankan agar penanganan dapat dilakukan dengan cepat.
7. Meningkatkan Kesehatan Otak
Selanjutnya, bawang merah berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan nutrisi asam folat pada bawang merah dapat memberi keajaiban bagi kesehatan otak. 
Kandungan tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan otak, lho Grameds.
Sebagai salah satu vitamin B, asam folat dapat membantu meningkatkan fungsi otak yang berkontribusi langsung pada kesehatan mental dan emosional. 
Kemudian kandungan zat besi pada bawang merah juga membantu meningkatkan kesehatan otak.
Tanaman bawang merah memiliki senyawa pyrithione yang dipercaya mampu meningkatkan aktivitas neurologis dan melawan peradangan otak. 
Senyawa pyrithione pada bawang merah berhubungan erat dengan pencegahan penyakit Alzheimer.
8. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Selain menjaga kesehatan jantung, bawang merah juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi bawang merah secara rutin dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. 
Khasiat tersebut berasal dari kandungan kalsium, mineral, zat besi, dan fosfor pada bawang merah.
Menarik, bukan? Dapat disimpulkan bahwa bawang merah dengan nama latin Allium ascalonium L dapat meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko patah tulang pinggul, meningkatkan kesehatan gigi, dan membantu mencegah osteoporosis.
9. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kandungan allicin dan quercetin dalam tumbuhan bawang merah dianggap memiliki sifat anti-hipertensi. Kandungan tersebut mampu meningkatkan status antioksidan yang melindungi jantung.
Kemudian bawang merah sebagai pelengkap bumbu masakan juga dapat mencegah penumpukan plak di arteri. 
Selain itu, kandungan allicin pada bawang merah dapat menurunkan tingkat spesies oksigen reaktif.
Lebih penting lagi, kandungan tersebut mampu menghambat produksi enzim tertentu yang membuat kolestrol tinggi. 
Tak sampai di situ, komoditi holtikultura yang satu ini dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi jantung.
Kandungan nutrisi berupa kalium pada bawang merah dapat mengatur tekanan darah dan memperkuat kapiler darah. 
Grameds bisa menambahkan bawang merah sebagai bumbu masakan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.
10. Mampu Mengontrol Diabetes
Selain membuat makanan semakin lezat, bawang merah juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. 
Penderita diabetes wajib menjaga pola makan agar tetap sehat. Nah, tahukah Grameds bahwa bawang merah ternyata bermanfaat mengobati diabetes?
Bawang merah memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu mengontrol penambahan berat badan terkait diabetes. 
Senyawa petida pada bawang merah memiliki sifat hipoglikemia yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
Bawang merah memiliki sifat tertentu yang dapat membantu merangsang sekresi insulin. Hal tersebut dipercaya mampu menurunkan respons peradangan yang terjadi pada penyakit diabetes. 
Mengonsumsi bawang merah dalam jumlah besar dapat menurunkan kadar gula penderita diabetes.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *