Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

  • 2 min read
  • Dec 01, 2021

Daun jambu biji adalah salah satu daun yang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita, daun ini sering kita jumpai di daerah perumahan apalagi di perkampungan. 
Manfaat dari jambu biji ini sudah tidak di ragukan lagi, di kampung halaman saya banyak menjumpain daun ini dan menjadi pilihan obat alternatif bagi penduduk kampung saya.
Ada banyak manfaat kesehatan dari daun jambu biji, dan inilah alasan mengapa daun jambu biji dimasukkan ke dalam pengobatan tradisional india. 
Daun jambu biji dapat menurunkan risiko kanker, karena mengandung vitamin c tingkat tinggi. juga telah ditemukan bahwa daun jambu biji menyembuhkan pilek lebih cepat daripada obat-obatan tradisional. 
Daun jambu biji juga telah digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti psoriasis, eksim dan jerawat. 
Selain itu, daun jambu biji juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner dan stroke.
Manfaat Daun Jambu Biji
1. Mengobati Bronkitis
Bronkitis merupakan jenis peradangan yang terjadi pada bronkus di saluran pernapasan. Dengan mengonsumsi teh daun jambu biji, lendir yang mengganggu akan menjadi melunak, sehingga bronkitis akan sembuh secara alami.
2. Perawatan Luka dan Infeksi
Daun jambu biji diketahui memiliki sifat penyembuhan yang dapat mengobati luka. Sumber antibakteri yang terdapat di dalamnya juga dapat mencegah infeksi dan mengurangi peradangan pada rahim untuk mempercepat penyembuhan luka. 
Selain dapat meredakan luka, teh daun jambu biji juga diketahui dapat membantu menyembuhkan infeksi telinga.
3. Menyehatkan kulit
Tingginya kandungan antioksidan pada daun jambu biji bukan hanya berguna sebagai zat antikanker, namun juga menyehatkan kulit. 
Antioksidan ini berguna mencegah kerusakan kulit, mengobati jerawat, mencegah terbentuknya kerutan pada wajah, dan memperlambat proses penuaan dini.
4. Bersifat antikanker
Menurut penelitian, daun jambu biji diketahui memiliki sifat antikanker, lebih tepatnya bisa mencegah perkembangbiakan hingga menghentikan perkembangan sel kanker itu sendiri. 
Menurut penelitian, manfaat daun jambu biji yang satu ini dikarenakan zat antioksidan yang memang banyak terdapat di dalamnya.
Meski demikian, studi lebih lanjut masih diperlukan agar daun jambu biji dapat benar-benar digunakan sebagai obat bagi penderita kanker.
5. Obat diare
Manfaat daun jambu biji lainnya adalah menyehatkan sistem pencernaan. Bahkan ketika Anda mengalami diare, konsumsi daun jambu biji dapat mengurangi frekuensi Anda buang air besar dengan cara membunuh kuman yang menyebabkan diare itu sendiri.
6. Meringankan kram menstruasi
Jika Anda memiliki masalah dengan perut kram setiap kali menstruasi, meminum suplemen daun jambu biji bisa jadi solusinya. 
Berdasarkan studi pada 197 wanita, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji terbukti mengurangi nyeri saat menstruasi yang bahkan diklaim lebih ampuh daripada meminum obat pereda nyeri haid.
7. Menyehatkan jantung
Tingginya kadar antioksidan di dalam daun jambu biji membuat para peneliti percaya bahwa konsumsi daun ini secara rutin dapat melindungi jantung dari paparan radikal bebas yang berbahaya. 
Daun jambu biji mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.
Di saat yang sama, ekstrak daun jambu biji juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan demikian, risiko Anda terkena serangan jantung maupun stroke akan semakin kecil.
8. Menurunkan kadar gula darah
Studi menunjukkan bahwa orang yang meminum teh dari daun jambu biji setelah makan mampu menurunkan kadar gula darah hingga lebih dari 10%. 
Efek penurunan kadar gula darah itu pun bisa bertahan dalam 2 jam. Ini tentu kabar baik untuk penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *