Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan Tubuh

  • 3 min read
  • Dec 01, 2021

Daun mint diolah dengan berbagai macam cara dari sebagai garnish hingga sebagai bahan utama dengan cita rasanya yang khas. Namun, tahukah Moms manfaat daun mint?
Mengutip Healthline, mint adalah nama untuk berbagai macam spesies tumbuhan, termasuk peppermint dan spearmint, yang termasuk dalam genus Mentha.
Tanaman ini sangat dikenal karena sensasi dingin yang mereka berikan. Mereka bisa ditambahkan ke makanan baik dalam bentuk segar maupun kering.
Mint juga merupakan bahan yang populer di beberapa makanan dan minuman, mulai dari teh dan minuman beralkohol, hingga saus, salad, dan makanan penutup.
Ada beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan. Cara menggunakannya ada banyak, mulai dari mengoleskannya ke kulit, menghirup aromanya, hingga mengonsumsinya.
Maka dari itu, sering kali kita menemukan obat oles dengan aroma mint yang kuat atau obat hisap dengan rasa mint, ya Moms.
Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan Tubuh
1. Meredakan stres
Daun mint dapat menjadi stimulan alami. Aroma daun mint bahkan bisa meningkatkan suasana hati. Memasukkan daun ini ke dalam makanan saat merasa lesu, cemas, depresi, atau kelelahan disinyalir merupakan pilihan yang tepat karena memberi efek yang positif.
Selain itu, Anda dapat meneteskan minyak esensial mint atau minyak mentol ke bantal pada malam hari agar tubuh dan pikiran lebih rileks saat tidur. 
Daun mint juga bisa dihirup sebagai uap atau dioleskan dalam bentuk topikal.
2. Mengatasi jerawat
Manfaat daun mint untuk wajah dapat membantu mengatasi jerawat. Ekstrak daun mint memiliki sifat antibakteri yang kuat, dan di dalamnya terkandung asam salisilat yang efektif mencegah jerawat meradang. 
Sementara itu, kandungan vitamin A daun mint dapat membantu mengendalikan sekresi minyak pada orang yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.
3. Meredakan mual
Selanjutnya, khasiat daun mint adalah membantu meredakan mual. Aroma yang kuat dan menyegarkan dari daun mint bisa meredakan mual dengan cepat dan efektif. 
Anda dapat menggunakan minyak mint atau mengonsumsi permen mint untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut.
4. Cocok untuk diet
Manfaat daun mint salah satunya dapat membantu menurunkan berat badan. Daun ini akan merangsang enzim pencernaan yang menyerap nutrisi dari makanan dan meningkatkan metabolisme sehingga cocok untuk diet. 
Alih-alih mengonsumsi minuman soda atau minuman manis lainnya, cobalah mengonsumsi teh mint bebas gula. Anda juga dapat menambahkannya ke dalam makanan sehat.
5. Mengurangi nyeri puting karena menyusui
Ketika menyusui, puting ibu biasanya mengalami lecet sehingga terasa nyeri. Namun, penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan air daun mint atau gel dapat membantu menghilangkan rasa nyeri puting karena menyusui.
6. Meredakan pilek
Manfaat daun mint yang tek kalah penting adalah membantu meredakan pilek. Kandungan mentol (dekongestan aromatik alami) di dalamnya mampu memecah dahak dan lendir sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Saluran pernapasan pun menjadi lebih lega.
Selain itu, mentol juga memiliki efek mendinginkan yang bisa meredakan sakit tenggorokan. Anda dapat menambahkan daun mint pada teh untuk merasakan manfaat ini.
7. Meningkatkan fungsi otak
Menghirup aroma minyak daun mint dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak. Selain itu, daun ini juga dianggap bisa meningkatkan kewaspadaan, menurunkan tingkat frustrasi, kecemasan, dan kelelahan. Tapi, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menunjukkan manfaat ini.
8. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kegunaan daun mint lainnya, yaitu dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Daun mint, terutama peppermint, bertindak sebagai karminatif yang bisa membantu mengurangi perut bergas dan gejala-gejala gangguan saluran pencernaan lain. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitasnya.
9. Menghilangkan bau mulut
Manfaat daun mint yang telah dikenal sejak dulu adalah menghilangkan bau mulut. Minum teh peppermint atau mengunyah daun mint segar efektif untuk menghilangkan bau mulut dan membunuh bakteri yang menjadi penyebabnya.
Ini karena daun mint memiliki efek antibakteri yang terkandung di dalamnya. Selain itu, dapat pula membantu menjaga kesehatan gigi.
10. Melindungi sel tubuh dari kerusakan
Dibanding dengan bumbu rempah yang lain, daun mint memiliki antioksidan yang kuat. Kandungan antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang merupakan kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.
Daun peppermint mengandung antioksidan alkohol perillyl yang dianggap mampu menghentikan pembentukan atau penyebaran kanker. 
Selain itu, daun ini juga mengandung antioksidan lain yaitu asam rosmarinic, yang mampu membantu mencegah dan mengobati alergi tertentu.
11. Menjaga kesehatan tubuh
Khasiat daun mint membantu menjaga kesehatan tubuh karena mengandung beberapa vitamin dan mineral penting. 
Daun mint kaya akan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah.
Selain itu, daun mint adalah sumber vitamin A yang sangat baik sehingga penting untuk kesehatan mata dan penglihatan di malam hari.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *