Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

  • 3 min read
  • Nov 30, 2021

Secara ilmiah, daun pandan dikenal dengan nama Pandanus Amaryllifolius. Daun pandan adalah tumbuhan tropis yang dikenal dengan aroma khasnya.
Daun berwarna hijau ini memiliki perpaduan aroma vanilla dan almond yang sesuai untuk masakan.
Tak hanya tumbuh di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan, daun pandan juga populer di negara Eropa dan Amerika sebagai penambah aroma masakan atau sajian pencuci mulut.
Sudah cukup banyak penelitian yang fokus mengulik manfaat daun pandan untuk kesehatan. Itulah mengapa banyak juga yang menggunakan daun pandan sebagai obat tradisional.
Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh
1. Menurunkan kolesterol
Sebelumnya, masih jarang penelitian yang membahas hal ini. Akan tetapi, ada penelitian yang mencoba membuktikan daun pandan bisa menurunkan kadar kolesterol.
Hasilnya, kandungan tanin dalan daun pandan dapat mengikat asam empedu pada usus kemudian terbuang lewat kotoran.
Lalu, ada juga kandungan fenol di dalam daun pandan untuk menghambat oksidasi LDL yang pada akhirnya menurunkan kecenderungan kelebihan kolesterol.
2. Menjaga kesehatan mulut
Mengunyah daun pandan manfaatnya adalah menyegarkan aroma napas yang kurang sedap. Selain itu, khasiat lainnya dari teknik tersebut adalah membantu menghentikan masalah gusi berdarah.
3. Menurunkan gula darah
Ekstrak daun pandan diketahui bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Daun ini merangsang sekresi insulin dari jalur sel beta pankreas dan menghambat aktivitas enzim alfa glikosidase.
Penelitian menunjukkan daun pandan memiliki potensi untuk menjadi sumber alami antihiperglikemik, sehingga berpotensi untuk mengatasi diabetes. 
Namun, masih perlu dilakukan penelitian tambahan untuk memastikannya.
4. Mengatasi insomnia
Insomnia kerap menjadi musuh besar banyak orang karena tubuh tak bisa beristirahat meski sudah merasa lelah. Beraktivitas keesokan harinya pun jadi tak optimal karena terlalu lelah.
Ternyata, daun pandan bisa membantu mengatasinya karena mengandung alkaloid yang dapat menimbulkan sensasi rileks pada tubuh.
5. Terapi kanker
Ada kemungkinan daun panda berpotensi sebagai terapi penyakit kanker. Mengonsumsi teh pandan 2 kali sehari dapat melawan racun dan menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab kanker. 
Dalam sebuah penelitian, kandungan daun pandan memiliki efek antimiotic, antiproliferative, dan apoptotic sebagai terapi kanker.
6. Membantu detoksifikasi
Bagi orang yang sehari-hari aktif bergerak dan terpapar polusi, detoksifikasi adalah hal yang penting. Radikal bebas dalam tubuh harus dilawan agar tidak mengundang penyakit.
Anda bisa memanfaatkan daun pandan untuk membantu proses detoksifikasi. Mengonsumsi air rebusan daun pandan bisa membantu tubuh dan hati terhindar dari zat beracun.
7. Meredakan demam
Anda juga bisa mencoba khasiat daun pandan lainnya seperti membantu meredakan demam Manfaat daun pandan berikutnya adalah meredakan demam.
Biasanya, ini adalah salah satu metode pengobatan alternatif yang digunakan sebagian orang. Konsumsi air rebusan daun pandan dapat menurunkan suhu tubuh kembali normal.
8. Kembalikan energi usai melahirkan
Manfaat daun pandan selanjutnya adalah mengembalikan energi usai persalinan. Seorang ibu yang baru saja melahirkan sangat wajar jika merasa tubuhnya tidak bugar atau terasa lemas.
Energinya bisa saja terkuras selama proses persalinan. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh rebusan daun pandan.
9. Mengurangi kram perut
Kram perut bisa terjadi kapan saja tanpa disangka-sangka. Ternyata, daun pandan bisa membantu meredakan kram pada bagian perut akibat haid dan masalah pencernaan.
Anda bisa mendapatkan khasiatnya dengan mengonsumsi teh daun pandan.
10. Mengatasi rasa nyeri
Manfaat daun pandan berikutnya adalah membantu mengatasi rasa nyeri. Daun pandan bisa mengatasi nyeri ketika Anda menderita sakit kepala, sakit telinga, atau radang persendian.
Menurut sebuah penelitian, daun pandan digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Yaitu, dengan menambahkan daun pandan ke dalam minyak kelapa sebagai minyak oles.
Kemungkinan, minyak dari daun pandan mempunyai efek anti-inflamasi sehingga mampu membantu meredakan nyeri atau radang sendi.
Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut mengenai khasiat daun pandan untuk mengatasi nyeri terhadap manusia.
11. Meningkatkan nafsu makan
Saat tubuh tidak enak badan, terkadang nafsu makan juga turun drastis. Manfaatkan wangi daun pandan untuk mengembalikan nafsu makan seperti semula.
Konsumsi air rebusan atau makanan yang dicampur daun pandan dua kali sehari untuk mengembalikan nafsu makan dan kebugaran tubuh Anda.
12. Mengatasi rematik
Mengatasi rematik adalah khasiat daun pandan yang tak bisa diremehkan. Rematik bisa jadi keluhan yang menyebabkan orang merasakan nyeri sendi hingga sulit beraktivitas.
Anda bisa melakukannya dengan memotong tiga lembar daun pandan dan masukkan ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah dingin, coba oleskan pada bagian sendi yang terasa sakit.
13. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kerap merasa sakit kepala atau kelelahan bisa jadi alarm dari tubuh saat tekanan darah meningkat.
Jika dibiarkan, tekanan darah tinggi atau hipertensi bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. 
Kabar baiknya, salah satu manfaat minum rebusan air pandan sebagai obat diklaim mampu menurunkan tekanan darah.
Rebus daun pandan sebanyak 10 gram dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan ini dua kali sehari untuk membantu menjaga keseimbangan tekanan darah Anda.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *