Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

  • 3 min read
  • Dec 01, 2021

Manfaat daun pepaya yang punya segudang khasiat. Kandungan daun pepaya bantu atasi demam berdarah hingga menjaga kadar gula darah.
Meski bisa didapatkan dengan harga murah atau bahkan bisa ditemukan tumbuh liar, daun pepaya punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak disangka. Bahkan, telah terbukti secara ilmiah.
Buah pepaya seringkali dikonsumsi untuk mengatasi sembelit dan memberi nutrisi kulit. Tapi Toppers tahu atau tidak sih, ternyata selain buahnya, sayuran daun pepaya juga kaya akan vitamin dan nutrisi, lho.
Mungkin beberapa di antara kalian tidak menyukai rasa daun ini karena terlalu pahit. Rasa pahit ini datang dari senyawa bernama papain. 
Meski kurang nikmat karena pahit, zat ini ternyata memiliki anti-inflamasi dan bagus untuk pencernaan, serta masih banyak khasiat lainnya.
Daun pepaya aman untuk rutin dikonsumsi, namun tetap usahakan konsultasikan dahulu dengan dokter atau herbalis untuk mendapatkan takaran yang tepat.
Sudah sejak lama daun pepaya digunakan sebagai obat dan terapi tradisional. Beberapa orang merasakan banyak khasiat saat rutin mengonsumsi daun pepaya.
Termasuk mengurangi nyeri haid, mengobati ruam kulit dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah daftar manfaat daun pepaya untuk kesehatan:
Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan
1. MENCEGAH KANKER
Daun pepaya mengandung senyawa yang disebut acetogenin, yaitu senyawa yang secara luas dikenal memiliki khasiat terhadap berbagai jenis kanker.
2. MENCEGAH PENYAKIT ARTERI KORONER
Penyakit arteri koroner bisa terjadi jika Anda memiliki jumlah tinggi kadar kolesterol dalam tubuh Anda. 
Untuk mencegah penyakit ini, Anda perlu memiliki banyak Vitamin C yang terkandung dalam daun pepaya, yang kemudian akan membentuk antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. 
Antioksidan ini sangat berguna juga untuk melindungi kesehatan jantung Anda dari penyakit arteri koroner.
3. KESEHATAN SISTEM PENCERNAAN
Adanya kandungan enzim papain, chymopapain, protease, dan amilase dalam daun pepaya akan sangat berguna untuk memecah nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan mineral dari makanan yang akan mendukung sistem pencernaan. 
Daun papaya juga akan melindungi Anda dari penyakit pencernaan karena mengandung agen anti-mikroba dengan membunuh bakteri berbahaya yang akan menyebabkan tukak lambung.
4. MENCEGAH PENYAKIT ULKUS LAMBUNG
Daun pepaya juga mengandung senyawa yang dapat mencegah penyakit ulkus lambung. Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan aktivitas glutation peroksidase, yaitu salah satu antioksidan penting yang akan melawan radikal bebas.
5. MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI
Salah satu manfaat kesehatan dari daun pepaya adalah mencegah pertumbuhan bakteri, terutama bakteri jahat yang dapat menyebabkan beberapa masalah di usus. 
Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif yang dapat mencegah masuknya bakteri jahat dalam tubuh.
Senyawa karpain yang terkandung dalam daun pepaya juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh, dan kandungan senyawa tanin dalam daun pepaya dapat menghambat pertumbuhan cacing yang dapat melekat pada usus.
6. MENINGKATKAN JUMLAH TROMBOSIT
Daun papaya dapat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh Anda. Banyak penelitian yang dilakukan di seluruh dunia bahwa mengkonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh Anda dengan cepat.
7. MENGATUR TINGKAT GULA DARAH
Daun pepaya dapat merangsang aktivitas insulin dalam tubuh, sehingga akan membantu Anda untuk mengatur kadar gula darah dan dapat mencegah penyakit diabetes. 
Selain itu, daun pepaya juga dapat menurunkan risiko komplikasi yang disebabkan oleh diabetes seperti kerusakan ginjal.
8. KESEHATAN RAMBUT
Daun pepaya juga mengandung senyawa yang disebut karpain yang dapat membersihkan kotoran dan minyak dari rambut, serta memperkuat rambut Anda tanpa efek samping.
9. MEMBANTU MENYEMBUHKAN PENYAKIT EKSIM
Daun pepaya juga dapat menjadi solusi yang baik untuk mengobati penyakit eksim. Daun pepaya memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan penyakit eksim.
10. MENCEGAH PENYAKIT EMFISEMA
Emfisema adalah salah satu penyakit mematikan yang terdiri Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Penyakit ini banyak dikaitkan dengan kerusakan bertahap jaringan paru-paru, termasuk penghancuran alveoli. 
Untuk mencegah Anda dari penyakit emfisema ini, Anda membutuhkan jumlah yang cukup dari Vitamin D. 
Daun papaya kaya akan vitamin D yang akan melindungi tubuh Anda dari penyakit yang berhubungan dengan emfisema paru-paru.
11. MEMBANTU DALAM MELAWAN INFEKSI
Daun pepaya juga dikenal karena kemampuannya untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus seperti pilek atau influenza. 
Berbagai komponen vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan Vitamin E akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga sangat berguna untuk membuat Anda sehat dan terhindar dari gangguan infeksi virus apapun.
12. KESEHATAN KULIT
Daun papaya mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan yang akan melawan radikal bebas. Antioksidan ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah kulit dari penyakit seperti jerawat, keriput, dan pigmentasi berat.
13. ANTI-MALARIA
Daun pepaya telah terbukti sangat efisien untuk mencegah penyakit malaria. Beberapa studi menunjukkan bahwa rasa pahit dari daun pepaya sangat efektif untuk menyembuhkan sakit malaria.
14. MENGURANGI GEJALA DEMAM BERDARAH
Beberapa studi menunjukkan bahwa daun pepaya mengandung enzim yang dapat meningkatkan dan menormalkan jumlah trombosit dan kerusakan hati yang disebabkan oleh penyakit demam berdarah dan kemudian akan membantu pemulihan dari penyakit demam berdarah.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *