Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

  • 3 min read
  • Dec 01, 2021

Manfaat daun salam untuk kesehatan sangat beragam. Daun salam terkenal sebagai penambah cita rasa suatu masakan agar semakin lezat, namun ternyata daun salam memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.
Tanaman yang memiliki nama latin Syzygium Polyanthum ini mengandung senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C yang mampu menurunkan kadar trigliserida. 
Kandungan yang terdapat di dalamnya membuat kamu harus mencoba mengolah daun salam untuk dijadikan obat herbal.
Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh
1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat daun salam untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Daun salam juga mengandung berbagai macam vitamin, satu di antaranya vitamin C. 
Seperti diketahui, vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda cukup mengambil 10 hingga 15 daun salam yang segar, kemudian cuci sebentar.
Setelah itu, rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Setelah dingin, air rebusan daun salam disaring lalu diminum saat malam hari. Minumlah secara teratur.
2. Mengobati Batu Ginjal
Manfaat daun salam untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk mengobati batu ginjal. Di dalam tubuh terdapat enzim urease. 
Enzim ini berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal. Daun salam dipercaya dapat mengurangi kadar enzim urease di dalam tubuh.
3. Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat daun salam untuk kesehatan yang lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan kolesterol trigliserida. 
Daun salam memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, magnesium, dan caffeic acid yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh. 
Menurut Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition pada 2009, mengonsumsi 1-3 gram daun salam setiap hari dapat menurunkan kolesterol total hingga 24 persen, trigliserida hingga 34 persen, kolesterol LDL hingga 40 persen, serta meningkatkan kolesterol HDL hingga 29 persen.
4. Menurunkan Risiko Serangan Jantung
Manfaat daun salam untuk kesehatan yang lainnya adalah menurunkan risiko serangan jantung. Serangan jantung termasuk penyakit jantung yang paling berbahaya di dunia. 
Serangan jantung merupakan adalah penyebab pertama kematian di dunia. Penyakit ini terjadi akibat terhambatnya aliran darah ke otot jantung. 
utama kondisi ini adalah penyakit jantung koroner, yaitu tersumbatnya pembuluh darah yang memasok darah ke jantung (pembuluh darah koroner), akibat timbunan kolesterol yang membentuk plak di dinding pembuluh darah. 
Dengan mengonsumsi daun salam, Anda bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung di kemudian hari. 
Daun salam berguna menurunkan kadar kolesterol jahat dan dapat melindungi lapisan pembuluh darah serta berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah untuk mencegah risiko terjadinya serangan jantung.
5. Menjaga Kesehatan Pencernaan
manfaat daun salam untuk kesehatan yang banyak dikenal yaitu dapat menjaga kesehatan organ pencernaan. 
Daun salam memiliki kandungan organik yang dapat membantu mengendapkan sakit perut dan beberapa gangguan pada perut lainnya. 
Selain itu, daun salam diketahui dapat membantu merangsang buang air kecil serta menurunkan toksisitas pada tubuh. Konsumsilah daun salam dengan takaran yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.
6. Membantu Mengobati Kanker
Tak hanya berguna untuk menurunkan kadar gula darah, manfaat daun salam untuk kesehatan dapat membantu dalam pengobatan kanker, khususnya kanker payudara. 
Daun salam memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang berguna melawan radikal bebas yang berkontribusi dalam pertumbuhan sel kanker. 
Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat rebusan daun salam yang berkaitan dengan terapi kanker.
7. Menyembuhkan Peradangan pada Lambung
Manfaat daun salam untuk kesehatan yang lainnya yaitu bisa menyembuhkan peradangan lambung. Peradangan yang terjadi di lambung bisa menyebabkan gangguan lain pada saluran pencernaan. 
Selain itu lambung yang meradang juga bisa membuat siapa saja yang menderitanya merasa tidak nyaman. 
Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa merebus daun salam sebanyak 30 gram ditambah dengan daun sambiloto yang sudah kering sebanyak 30 gram, gula batu, dan air. Rebus sampai mendidih dan tersisa sedikit air. Kemudian minum ramuan herbal tersebut.
8. Mengobati Stroke
Penyakit lainnya yang dipercaya bisa diobati dengan menggunakan daun salam yaitu stroke. Anda bisa merebus sekitar 50 gram jantung pisang yang di campur degan 10 lembar daun salam. Makan jantung pisang dan daun salam tersebut jika sudah matang.
9. Meyembuhkan Luka
Manfaat daun salam untuk kesehatan yang berikutnya yaitu dapat menyembuhkan luka. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di NCBI pada 2006 menunjukkan bahwa luka yang dirawat engan ekstrak daun salam memiliki sel antiinflamasi yang lebih tinggi dan kolagen yang lebih rendah dibandingkan dengan perawatan lain.

10. Mengatasi Ketombe
Manfaat daun salam untuk kesehatan yang lainnya yaitu bisa menjadi obat herbal mengatasi ketombe. Hal ini dikarenakan minyak esensial yang terkandung dalam daun salam dapat digunakan sebagai tonik untuk rambut dan mampu melawan ketombe. 
Cara memakainya sangat mudah, cukup rebus daun salam dengan air dan tunggu sampai dingin. Kemudian, pakai rebusan tersebut untuk membilas rambut. Terapkan secara rutin seminggu sekali.
11. Menjaga Kesehatan Rambut
Manfaat daun salam untuk kesehatan yang lainnya yaitu menjaga kesehatan rambut. Memiliki rambut sehat, kuat, dan cantik merupakan idaman bagi banyak orang, khususnya kaum wanita. 
Anda bisa memiliki rambut sehat dan kuat dengan menggunakan ramuan daun salam. Caranya, panaskan daun salam yang dicampur dengan minyak zaitun atau minyak kemiri selama beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa menggosokannya pada rambut dalam keadaan hangat.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *