Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

  • 4 min read
  • Dec 01, 2021
Seledri merupakan salah satu jenis pelengkap sajian yang umum digunakan. Anda pasti pernah menjadikan sayuran ini sebagai tambahan untuk mempercantik makanan atau teman bawang goreng dalam kuah bakso. 
Daun hijau keriting kecil ini rupanya memiliki kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan yang mengejutkan bagi tubuh.
Seledri, yang memiliki nama ilmiah apium graveolens, adalah sayuran dalam keluarga tanaman jenis apiaceae. 
Berbagai bagian seledri memiliki manfaat, termasuk manfaat daun seledri dan manfaat biji seledri. Namun, sebelum memahami lebih lanjut manfaatnya, Anda dapat mengenali kandungan nutrisinya.
engan kandungan nutrisinya yang melimpah, Anda bisa menemukan segudang manfaat kesehatan dari seledri, seperti berikut ini:
Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan Tubuh
1. Keajaiban seledri sama ampuhnya dengan antibiotik yang berbahan dasar kimia
Untuk meningkatkan kekebalan tubuh ketika tubuh terkena serangan flu atau demam akibat kehujanan maka sebaiknya tidak perlu tergesa untuk mengonsumsi antibiotik. 
Lebih baik untuk mengonsumsi daun seledri karena memiliki zat yang tak kalah hebatnya dalam urusan peningkatan imunitas tubuh. 
Di dalam daun seledri terdapat antibakteri dan antiinflamasi yang sangat kuat.
2. Mempercepat penyerapan kalsium
Seledri mampu mengikat kalsium dan menjadikan jaringan tubuh bagian dalam untuk memberi sinyal agar tubuh mempercepat proses penyerapan kalsium dan segera dialirkan atau disebarkan keseluruh jaringan tubuh yang membutuhkan.
3. Sebagai antiradang
Seledri mempunyai beberapa vitamin yang lengkap dan kaya akan potasium, magnesium, folat, dan zat besi. 
Selain itu, seledri juga dilapisi oleh zat antiinflamaasi yang kuat sehingga mampu mempercepat proses pengeringan luka, meredakan pembengkakan, serta mempercepat pemblokiran racun dalam tubuh sehingga bisa secepatnya dikeluarkan oleh tubuh.
4. Menyehatkan saluran usus
Nutrisi pada seledri dapat membersihkan usus dari sisa makanan yang dikonsumsi dan menghindari usus dari endapan bakteri, kolesterol, garam berlebih, dan lain lain sehingga kinerja usus sebagai salah satu organ pencernaan akan selalu dapat bekerja dengan baik.
5. Melindungi kesehatan otot tubuh
Nutrisi pada seledri dapat menghindari otot tubuh dari cedera, terkilir, keseleo, atau kejang otot. Otot yang sehat aakn membuat seseorang bebas dalam bergerak dan melakuakn aktivitas tanpa harus merasakan adanya nyeri dan pembengkakan.
6. Melindungi jaringan otak
Nutrisi pada seledri dapat melindungi jaringan otak dari penyumbatan, serangan bakteri, dan terhindar dari penimbunan lemak jahat yang dihasilkan dari makanan yang telah dikonsumsi agar jaringan otak selalu sehat.
7. Memperkuat tulang
Semua nutrisi yang ada pada seledri dapat memperkuat massa tulang dan menjadikannya tidak mudah terserang pengapuran atau retak tulang akibat benturan atau hantaman. 
Selain itu, tulang akan kuat dan terhindar dari segala masalah yang berhubungan dengan osteoprosis.
8. Menyehatkan dinding lambung
Anti peradangan yang ada pada seledri mampu membersihkan dinding lambung dari sisa limbah makanan yang tidak lagi berguna bagi tubuh agar kondisi lambung selalu berada dalam kondisi yang bersih dan terhindar dari bakteri atau peradangan.
9. Menstabilkan kelebihan minyak pada wajah
Seledri yang dihaluskan dan ditambahkan air jeriuk nipis dapat dijadikan masker wajah harian yang aman dana ampuh untuk menghilangkan kelebihan minyak pada jenis kulit berminyak dan mampu mengecilkan pori sehingga kulit wajah terhindar dari seranagn bakteri penyebab bisul, komedo, dan jerawat.
10. Menstabilkan gula darah
Seledri mampu menurunkan kadar gula darah dan mengobati diabetes. Kandungan nutrisi lengkap pada seledri dapat memecah dan menghancurkan penggumpalan gula di dalam darah agar tubuh mempercepat pembakaran kalori yang di dalamnya terdapat glukosa berlebih yang nantinya akan dikeluarkan melalui pembuangan kalori melalui urin dan lewat keluarnya keringat karena aktivitas fisik yang dilakukan, seperti bekerja dan olahraga.
11. Sebagai antiaging yang kuat
Seledri memiliki kabdungan vitamin A, B5, B6, C, dan E yang sangat ampuh dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kolagen kulit, mengendurkan saraf dan pembuluh darah sekitar wajah dari ketegangan, dan menyeimbangkan minyak alami yang terdapat di bawah kulit sehingga kulit nampak selalu muda dan terhindar dari munculnya garis-garis halus di sekitar mata, sudut bibir, dan bagian leher.
12. Melindungi jantung
Seledri memiliki kandungan asam amino essensial yang baik bagi kesehatan jantung terutanma pembuluh arteri sehingga jantung terhindar dari penyumbatan kolesterol, serangan stroke, dan membuat jantung selalu lancar dalam memompa darah.
13. Mencegah dehidrasi
Nutrisi pada seledri dapat bergabung menjadi cairan elektrolit yang dibutuhkan tubuh ketika terserang kelelahan atau terlalu sering buang air besar karena diare. 
Selain itu, nutrisi pada seledri mampu mengganti cairan tubuh yang hilang dan tubuh terhindar dari dehidrasi berat.
14. Mengontrol dan mengatur volume darah
Nutrisi yang ada pada seledri dapat mengantur dan mengontrol jumlah darah yang mengalir pada setiap pembuluh darah dan saraf yang berada dalam jaringan tubuh sehingga tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan yang berhubungan dengan darah, misalnya penyumbatan aliran darah.
15. Menyehatkan jaringan empedu
Seledri dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan bersifat diuretik yang dapat membantu membersihkan empedu dari serangan bakteri atau racun yang dihasilkan dari sisa makanan.
16. Dapat menormalkan suhu tubuh
Ketidakstabilan suhu tubuh dapat membuat ketidakseimbangan hormon dan metabolisme tubuh yang nantinya dapat membuat tubuh rentan terserang penyakit. 
Mengonsumsi jus seledri secara rutin dapat membuat kondisi suhu tubuh tetap normal yang dapat membuat tubuh dalam kondisi optimal.
17. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Seledri mempunyai kandungan asam fenolat dan senyawa kumarin fitokimia yang dapat mencegah,memblokir, dan menghancurkan aktifitas sel abnormal pemicu munculnya sel kanker terutama pada usus dan jaringan perut.
18. Memperbaiki fungsi ginjal
Nutrisi yang ada pada seledri dapat memperbaiki kinerja ginjal yaitu membuat ginjal menjadi lebih mudah dalam menyaring, mengendalikan, dan mengeluarkan racun dalam tubuh yang disebabkan oleh makanan dan radikal bebas.
19. Menyuburkan rambut
Seledri mempunyai kandungan vitamin yang cukup tinggi dan lengkap yang dapat menyuburkan rambut yang rusak akibat pemakaian sampo dan akibat paparan sinar matahari. 
Dengan menggunakan daun seledri maka akar dan kutikula rambut kembali sehat, akarnya semakin kuat dan rambut tidak mudah patah ataupun rontok.
20. Mencegah dan mengatasi obesitas
Seluruh nutrisi yang ada pada seledri mampu menekan rasa lapar sehingga membuat seseorang dapat mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. 
Selain itu, seledri dapat menstabilkan bobot tubuh seseorang dan membuatnya tidak mudah gemuk dan terserang obesitas.
21. Mencegah dan menyembuhkan asma
Nutrisi pada seledri mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit asma agar tidak mudah kambuh ketika seseorang sedang berkutat dengan lingkungan yang berdebu.
22. Mengobati sembelit
Seledri memiliki kandungan asam amino essensial dan vitamin lain yang dapat melancarkan buang air besar (BAB) sehingga terhindar dari sembelit yang mengakibatkan tubuh terasa tidak nyaman, perut terasa penuh, nyeri, dan kembung.
23. Mengendurkan saraf yang tegang
Nutrisi pada seledri dapat mengendurkan saraf saraf di sekitar kepala akibat ketegangan yang disebabkan aktivitas atau rutinitas sehari-hari yang membutuhkan kinerja otak dan tenaga sekaligus.
24. Mencegah dan Menyembuhkan anemia
Seledri mempunyai kandungan zat besi yang tinggi yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit anemia terutama pada wanita hamil dan yang sedang mengalami menstruasi.
25. Mengatasi mata kering
Nutrisi pada seledri terutama vitamin A mampu menyehatkan jaringan retina dan kornea mata sehingga mamapu mempertahankan ketajaman penglihatan dan mencegah kekeringan mata akibat serangan radikal bebas.
26. Menurunkan darah tinggi
Seledri memiliki zat flavonoid dan nutrisi lain yang dapat menurunkan tekanan darah seseorang yang sedang meningkat. 
Terutama jika mengonsumsi daun seledri secara rutin dan teratur mampu menstabilkan tekanan darah agar tidak meningkat kembali.
27. Menurunkan kadar kolesterol
Nutrisi pada daun seledri mampu memecah kolesterol agar tidak menyumbat aliran darah dan mampu pula menecegah penumpukan kolesterol berlebih pada tubuh.
28. Menyembuhkan rematik
Daun seledri mengandung antiradang dan antibakteri serta vitamin dan mineral lengkap yang mampu meredakan rasa nyeri pada penderita rematik dan juga mampu mengurangi zat purin di dalam persendian yang menjadi pemicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *