Manfaat Daun Sungkai Bagi Kesehatan Tubuh

  • 2 min read
  • Dec 01, 2021

Daun sungkai atau jati sabrang (Peronema canescens Jack) merupakan tumbuhan asli Indonesia yang banyak dijumpai di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat dan seluruh Kalimantan.
Sungkai biasanya ditanam sebagai pembatas rumah atau berfungsi sebagai pagar hidup pada bagian belakang rumah.
Kayunya menyerupai kayu jati dan mempunyai alur yang artistik dan warnanya cerah bergaris-garis cokelat tua juga banyak digunakan untuk industri mebel dan kerajinan.
Sementara itu, bagian daunnya telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beragam penyakit.
Di beberapa daerah Indonesia, daun sungkai banyak digunakan sebagai obat pilek, demam, obat cacingan (ringworms), dijadikan mandian bagi wanita selepas bersalin, dan sebagai obat kumur pencegah sakit gigi.
Namun, benarkah daun sungkai berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan tersebut? Berikut penjelasan mengenai manfaat daun sungkai yang perlu Moms ketahui.
Manfaat Daun Sungkai Bagi Kesehatan Tubuh
1. Meningkatkan Imun
Kandungan dalam daun tumbuhan ini punya khasiat meningkatkan sistem imun tubuh. Biasanya masyarakat menggunakannya segenggam tangan orang dewasa untuk satu kali konsumsi. 
Sistem imun tubuh akan menjadi lebih baik setelah mengonsumsi daun sungkai karena tanaman ini memiliki kandungan antioksidan.
2. Obat Malaria
Di Bengkulu, daun sungkai biasanya digunakan sebagai obat penurun panas dan malaria. Masyarakat menggunakan daun muda sungkai untuk membuat ramuan tradisional tersebut.
3. Obat Memar
Di sejumlah wilayah, daun sungkai kerap digunakan untuk mengobati luka memar. Cara pengobatannya, daun sungkai ditumbuk hingga halus lalu diletakkan di bagian yang memar. 
Namun, sebelum itu, jangan lupa cuci daun sungkai terlebih dahulu agar tidak ada kotoran yang menempel di daun.
4. Mandi Setelah Melahirkan
Daun sungkai juga dapat berguna bagi perempuan sehabis melahirkan secara normal. Air rebusan daun sungkai dapat membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks. 
Namun, ini tidak direkomendasikan bagi perempuan yang melahirkan dengan cara caesar.
5. Memperlancar Haid
Bagi perempuan, daun sungkai dapat berguna untuk membantu melancarkan menstruasi. Air rebusan daun sungkai pun disebut dapat membantu kesuburan rahim perempuan.
6. Obat Sakit Gigi
Daun sungkai mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bakteri. Karena itu, daun sungkai diyakini ampuh untuk menghilangkan sakit gigi. 
Cara mengonsumsinya dengan cara direbus, lalu air rebusan itu digunakan untuk berkumur.
Tidak hanya untuk sakit gigi, daun sungkai juga dapat digunakan untuk obat asma dan penyakit kulit seperti panu. Sebab, daun tanaman ini mengandung senyawa-senyawa antioksidan.
7. Obat Demam
Di Suku Dayak, Kalimantan, daun muda tanaman ini sering digunakan sebagai obat demam, sakit kepala, pilek, dan cacingan. Cara menggunakannya, beberapa helai daun sungkai direbus sampai mendidih, kemudian dituang ke wadah. Didiamkan beberapa saat kemudian diminum.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *